Skip to content

PESAN TIKET KERETA API ONLINE

12 Juli

Mudik Lebaran tinggal sebentar lagi, satu tradisi yang tidak mungkin terlupakan yaitu Mudik alias pulang kampung. Sementara ini imej yang kental di kalangan pemudik adalah mudik dengan Kereta Api . Hal yang sudah pasti dihadapi adalah antri Tiket Kereta Api buat acara pulang kampung, padahal menurut issue – issue benarkah sudah ada layanan Online untuk pesan Tiket Kereta Api ???. Menurut issue nya sudah berjalan sejak awal 2010, tapi benarkah ??, dari info terdahulu dalam rangka melayani kebutuhan pelanggan akan kemudahan membeli tiket kereta api, PT. Kereta Api Indonesia (Persero) saat ini telah mengimplementasikan suatu sistem reservasi serta pembelian Tiket Kereta Api secara Online dengan bekerja sama dengan pihak perbankan (saat ini Bank Mandiri).

pesan-tiket-kereta-api-online.jpg

Menurut Prosedurnya : Cukup dial 13897 (13TYP) dari telepon GSM anda (saat ini CDMA belum bisa). Hal yang harus diperhatikan sebelum dial ke 13897, maka pastikan rencana keberangkatan, seperti: Nama calon penumpang yang akan berangkat, alamat dan no telpon yang dapat dihubungi, Nomor/Nama Kereta Api yang akan dijalani, asal dan tujuan perjalanan, tanggal dan jam keberangkatan, jumlah penumpang dan jenis penumpang (dewasa dan anak) yang akan berangkat, Kelas Kereta Api yang diinginkan, asal dan tujuan perjalanan, tanggal dan jam keberangkatan.

Selanjutnya hubungi nomor telepon 13897 dengan menggunakan HP GSM. Tunggu beberapa saat maka operator akan menayakan hal tersebut di atas dan menyampaikan hasil pesanan pesanan pelanggan, berupa informasi pemesanan seperti:

* Nama Kereta Api,
* Tanggal dan jam keberangkatan,
* Jumlah penumpang yang akan berangkat,
* Kelas dan Nomor tempat_duduk,
* Harga tiket,
* Biaya administrasi pemesanan,
* Total biaya yang harus dibayar,
* Kode booking (ini penting, karena kode_booking merupakan kode yang harus disampaikan kepada petugas loket pada saat akan mengambil tiket dan juga sebagai identitas dalam melakukan pembayaran).
* Batas waktu pembayaran, maksimal 3 jam setelah pemesanan

Jika informasi yang disebutkan oleh operator sesuai dengan rencana perjalanan, dan pelanggan menyatakan setuju, maka operator akan merekam data pemesanan. Selambat_lambatnya 3 jam setelah pemesanan disetujui, Pelanggan harus segera membayar pesanannya melalui fasilitas Bank (ATM, Internet Banking, SMS Banking atau Call Center Banking) dan untuk sementara hanya Bank Mandiri. Jika proses pembayaran melebihi 3 jam sejak pemesanan maka pesanan dianggap batal dan tempat duduk akan dialokasikan untuk pemesan yang lain. Jika proses pembayaran melalui fasilitas banking berhasil, pelanggan akan menerima: Struk ATM, jika pembayaran melalui ATM, atau Printout Computer, jika pemesanan melalui internet, atau SMS dari Bank jika pemesanan melalui internet banking.

Dalam hal pelanggan memesan tiket bukan untuk dirinya sendiri (Untuk relasi, keluarga dll) maka nama yang disebutkan pada proses pemesanan, harus atas nama penumpang yang akan berangkat dan harus sesuai dengan KTP/Identitas lain milik penumpang yang akan berangkat. Dengan demikian pemesan wajib menginformasikan minimal kode booking yang diterima pada saat pemesanan kepada calon penumpang yang akan berangkat.

NOTE :
PEMESANAN BERLAKU UNTUK KEBERANGKATAN 30 HARI SEBELUMNYA.

dahulu link info bisa didapakan di : h***://www.infoka.kereta-api.com, tapi sekarang sudah miss link,…kemudian h***://www.kereta-api.co.id/ yang juga masih belum menemukan jawaban yang konkrit tapi disitu disebutkan Agen Resmi penjualan Kereta Api, padahal waktu mudik kian mepet dan masyarakat masih berharap banyak dari angkutan publik dengan julukan Kereta Api tersebut

Del.icio.us : , , , , , , , ,

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: